Berdasar Ru’yah, Awal Bulan Rabiul Awwal Bertepatan dengan Hari Selasa

Wonosari, Nugeka.com – Berdasarkan ru’yah, awal Bulan Rabiul Awwal tahun 1444 H bertepatan dengan Selasa Legi, 27 September 2022 M (mulai malam Selasa). Demikianlah informasi Ketua Lembaga Falakiyah (LF) PCNU Gunungkidul, Muthohar Abbas kepada nugeka.com pada Selasa 27 Septermber 2022. Keterangan ini berdasar pada Pengumuman resmi LFPBNU nomor 29 tentang Awal Bulan Rabi’ul Awwal 1444 H.

Dalam surat ini, LFPBNU mengumumkan: Pertama, Telah dilaporkan penyelenggaraan rukyatul hilal pada Senin Kliwon 29 Shafar 1444 H / 26 September 2022 M. Terdapat 3 lokasi yang melihat hilal.

Kedua, Sebagai tindak lanjutnya maka awal bulan Rabi’ul Awal 1444 H bertepatan dengan Selasa Legi 27 September 2022 M (mulai malam Selasa) atas dasar rukyah.

Ketiga, Mengucapkan terima kasih atas kontribusi dan partisipasi Nahdliyin dalam rukyatul hilal ini.

Keempat, Jajaran Lembaga Falakiyah PWNU dan PCNU se–Indonesia diharapkan bertindak aktif untuk menyebarluaskan pengumuman awal bulan Rabi’ul Awal 1444 H ini kepada warga Nahdlatul Ulama khususnya jajaran pengurus di wilayah / cabangnya masing–masing.

Selain itu, dalam surat ini juga disertakan anjuran membaca doa :

اللهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ، وَالسَّلامِ وَالإِسْلامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَ تَرْضَى، رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ

Artinya :

“Allah Maha Besar. Ya Alloh, jadikanlah ini bulan membawa keamanan, keimanan, keselamatan, keislaman, kemampuan untuk mengamalkan apa yang Kau suka dan restui. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah.”

Pin It on Pinterest