SMA N 1 Rongkop Jadikan Maulid Sebagai Momentum Jaga Persaudaraan

Rongkop, Nugeka.com – Dalam rangka menyambut Maulit Nabi Muhammad SAW, SMA Negeri 1 Rongkop mengadakan lomba Islami bertemakan “Lomba menyambut nabi Muhammad SAW di SMA Negeri 1 Rongkop”. Kegiatan tersebut di laksanakan oleh pengurus Rohis dan Mahasiswa PPL Staiyo pada Kamis, 12 September 2024.

Kegiatan bertujuan untuk merayakan maulid Nabi Muhammad SAW. Perayaan maulid nabi tidak hanya dengan hura-hura saja melainkan juga dilakukan dengan cara mengadakan kegiatan bermakna yang menunjukkan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW dan keinginan kita untuk meneladani Nabi Muhammad SAW.

Lomba yang diselenngarakan oleh Rohis dan PPL STAIYO diantaranya tilawatil Qur’an, Video dakwah ajakan Sholat Dzuhur berjamaah, Cerdas Cermat Agama (CCA), Pidato, Menyanyi islami, dan Kaligraafi.

Lomba dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 12 September 2024. Tidak hanya itu acara puncak maulid nabi pada tanggal 13 september 2024 yaitu dengan diadakan Webinar Online  dengan tema “Meneladani Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW Untuk Remaja Masa Kini”

Acara lomba di mulai dengan sholat dhuha berjamaah terlebih dahulu diikuti seluruh siswa dan dilanjutkan tausiah oleh Ustad Aminudin Agung Nugroho , S.Ag.  dari penyuluh agama harian (PAH) KUA  Kecamatan Rongkop dan dibuka oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Rongkop, Ibu Sri Sulasmi S.Pd., M.E.I. Beliau berharap dengan adannya tausiah dan dilanjutkan perlombaan nantinya siswa siswi dapat meneladani secara menyeluruh apa yang telah di lakukan oleh Nabi kita Nabi Muhammad SAW dan juga bisa diimplementasikan di masyarakat .

Lomba Maulid Nabi di SMA Negeri Rongkop tidak hanya sekadar acara kompetisi, tetapi juga sebuah peristiwa yang mengokohkan persaudaraan di tengah-tengah keberagaman. Melalui partisipasi aktif siswa, pemahaman yang lebih dalam tentang ajaran Islam, dan dukungan kuat dari masyarakat, acara ini bukan hanya merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW, tetapi juga merajut tali persaudaraan yang kuat di antara generasi muda di era milenial. Semoga semangat kebersamaan dan kecintaan kepada ajaran-ajaran Islam yang dipupuk melalui Lomba Maulid Nabi ini akan terus berkembang dan memberi dampak positif di lingkungan SMA N 1 Rongkop. Aamiin Yra.

Kontributor : Muhammad Ridlo Pamungkas, Mahasiswa PAI STAIYO