Kenalkan Jamaah pada Pejuang Agama, Jamaah Mushala di Playen adakan Ziarah dan Sowan Syawal

Playen, (NUgeka) – Jamaah mushala Baitul Hikmah bersama warga RT 60 Menggoran I, Bleberan, Playen, Gunungkidul adakan ziarah ke makam dan sowan kiai pada Sabtu, 14 Mei 2022. Selain halal bihalal, kegiatan ini juga untuk mengenang para pejuang Islam serta ta’zim pada kiai.

Ada 4 kiai dan nyai yang disowani. Keempatnya adalah KH Ahmad Zabidi Marzuqi (Giriloyo), KH Muslim Nawawi (PP An-Nur Ngrukem), KH Munir Syafaat dan Nyai Hj Barokah (Kotagede). Sementara, ziarah di lakukan di komplek Makam KH Ahmad Marzuqi (Giriloyo) dan KH Asyhari Marzuqi (Kotagede).

Dalam mukadimah ziarah, Imam Mushala Baitul Hikmah yang sekaligus rais ziarah, Jumikir, menerangkan bahwa KH Ahmad Marzuqi merupakan tokoh yang sangat besar jasanya dalam penyebaran Islam di daerah Gunungkidul. “Mbah Marzuqi adalah simbah guru kita. Beliau yang mengajari agama di daerah kita, sehingga kita bisa beragama dengan baik. Beliau berjuang di daerah Getas, Ngrancang, Menggoran, Gedad, Mulusan, Manggul, dan lain-lain,” terang Jumikir.

Sementara rais Ziarah di Makam KH Asyhari Marzuqi adalah Anton Prasetyo. Selama hidupnya, KH Asyhari meneruskan estafet perjuangan ayahnya (KH A Marzuqi). Selain mengasuh PP Nurul Ummah Kotagede, ia juga rutin berjuang di daerah Gunungkidul.

Ketua RT 60 yang juga koordinator kegiatan, Muhdin, mengatakan bahwa jumlah peserta yang mengikuti adalah 40 orang. “Alhamdulillah, semua tidak terduga. Mereka sangat antusias. Yang separo menggunakan bis dan yang separoh lainnya menggunakan motor,” terang Muhdin. “Awalnya hanya memperkirakan sekitar 10 orang, tapi alhamdulillah malah yang ikut 40 orang,” lanjutnya.

Muhdin juga mengatakan bahwa kegiatan ini baru perdana dan hanya rencana dadakan. Ia berharap, tahun depan bisa melaksanakan kegiatan serupa karena banyak manfaat. (Apr).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Pin It on Pinterest