Lembaga Falakiyah Dapat Bantuan Teleskop, Kemenag Dorong Penguatan SDM

Wonosari, Nugeka.com – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul melalui seksi Bimas Islam memberikan bantuan berupa Teleskop Selestron kepada Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Gunungkidul. Teleskop diserahkan langsung oleh Kepala Kankemenag Gunungkidul, Drs H Sa’ban Nuroni, MA kepada H. Mutohar Abbas, SAg MA selaku Ketua LFNU Gunungkidul di RM Kebon Ijo, Tegalmuyo, pada Selasa (14/6/2022).

Kegiatan ilmiah, dalam hal ini rukyatul hilal memang perlu didukung oleh peralatan yang  memadai atau canggih  yang dapat mendukung akurasi rukyatul hilal tersebut. Namun selain peralatan, Sumber Daya Manusianya juga haruslah diperkuat.

Drs H Sa’ban Nuroni MA

Dalam sambutannya, Sa’ban mengatakan bahwa Kementerian Agama sebagai lembaga instansi pemerintah yang tugasnya memberikan layanan terhadap kegiatan-kegiatan keagamaan ini mempuyai tanggung jawab untuk bisa selalu memberikan layanan, baik layanan yang sifatnya fasilitasi ataupun pelayanan yang sifatnya memperkuat pemahaman keagamaan.

“Pada siang hari ini, melalui Dipa Bimas Islam Alhamdulillah kita bisa mengalokasikan bantuan kepada lembaga keagamaan, ormas keagamaan. Ada dua lokasi untuk majelis ta’lim dan tiga untuk ormas keagamaan,” ungkapnya.

Sa’ban berharap, dengan dipilihnya Lembaga Falakiyah NU ini dapat memperkuat layanan kepada masayrakat. “Untuk penguatan wawasan dan juga semoga nanti bisa menjadi media untuk umat, bukan hanya warga NU tapi juga umat Islam secara keseluruhan,” imbuhnya.

Menurut Sa’ban, sebuah kegiatan ilmiah, dalam hal ini rukyatul hilal memang perlu didukung oleh peralatan yang  memadai atau canggih  yang dapat mendukung akurasi rukyatul hilal tersebut. Namun selain peralatan, Sumber Daya Manusianya juga haruslah diperkuat.

“Sehingga saya mengucapkan terima kasih kepada narasumber yang nanti akan membimbing kita bagaimana cara penggunaan alat tersebut, harapan saya ini bisa betul-betul dipahami sehingga nanti bisa melakukan pengamatan secara lebih akurat,” tandas Sa’ban.

Adapun kegiatan ini menghadirkan Drs. Mutoha Arkanudin dari Lembaga Falakiyah PWNU Yogjakarta dan Dr. Drs. H. Sofwan Jannah, M.Ag., sebagai narasumber. Turut hadir Kasi Bimas Islam Kemenag Gunungkidul, H. Zuhdan Aris, S.Ag., MA., serta Pengurus Lembaga Falakiyah NU gunungkidul. (Sna)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Pin It on Pinterest