LTN NU DIY Bersama Kesbangpol Adakan Sinau Literasi Pancasila

Yogyakarta, Nugeka.com, LTN NU DIY bersama dengan Kesbangpol adakan Sinau Literasi Pancasila di Aula PWNU DIY pada Kamis, 25 Agustus 2022. Sebagai pembuka dibacakan Pancasila, Pembukaan UUD 1945, dan mars subanul wathan. Selain dari PWNU, sambutan pembukaan juga dari Kesbangpol DIY.

Hadir sebagai narasumber DPRD DIY, Syukron Arif Muttaqin SE, menyampaikan materi pertama. Dari TNI/POLRI, Timotus Subanu menyampaikan materi mempertahankan ideologi Pancasila melalui bela negara untuk menjaga keutuhan NKRI. Ia menyoroti kebiasaan anak muda yang terbiasa tawuran, minuman keras, dan sejenisnya merupakan tantangan bersama.

Dari Pusat Studi Pancasila UPN Veteran Yogyakarta, Lukmono Hadi menyampaikan peran Pancasila dalam keberagaman bangsa dan bela negara. Ia mengungkapkan bahwa perbedaan merupakan sunatullah. Bahkan ketika ada yang santun atau tidak, sejatinya adalah perbedaan budaya. Manakala budayanya seperti yang dilakuan seseorang, maka bukan berarti seseorang tersebut jelek.

Sementara, M Anis Mashduqi menerangkan hubungan antara agama dan pancasila. Menerutnya, agama dan negara merupakan dua hal yang tidak bertentangan.

Kegiatan ini diikuti oleh 65 dari Pengurus dan Lembaga NU serta akademisi dari perguruan tinggi di DIY. (Apr).

Pin It on Pinterest