Pon Pes Darul Quran Adakan Pelatihan Cara Baca Tulis dan Menghafal Al-Quran Metode Yanbu’a

Wonosari, (NUGeKa) – Dalam rangka menseragamkan cara membaca dan menghafal al-Quran, Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad menyelenggarakan pelatihan dengan metode yanbu’a. Pelatihan yang dilaksanakan pada selasa-sabtu (5-9/4/2022) ini bertempat di komplek MA Darul Quran dan diikuti sekitar 150 guru dan karyawan Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad. Narasumber yang mengisi dalam pelatihan tersebut yakni Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Istadz Wonokromo, Pleret, Bantul Yogyakarta Al-Mukarrom Kyai R Abdul Haris Al-Hafidz murid KH. M. Ulil Albab Arwani Kudus dan dihadiri Pengasuh Pondok Darul Quran Wal Irsyad KH. Akhmad Kharis Masduki.

Dalam sambutannya KH. Akhmad Kharis Masduki berharap dengan adanya pelatihan ini ada peningkatan dalam membaca dan menghafal al-Quran. Sehingga kita akan semakin cinta terhadap al-Qur’an, “Kelancaran, kedisiplinan dalam hal makhroj, sifat dan lagu akan meningkatan rasa cinta dalam membaca dan menghafal al-Quran”. Ungkap kyai Kharis.

Lebih lanjut Kyai Kharis berpesan agar para guru dan karyawan Pondok Darul Quran Wal Irsyad banyak belajar dari perjuangan kyai Abdul Haris dalam mensyiarkan al-Quran,
“Kami ini Harisani, cuma kalo haris muda ini haris yang berani hidup, berani berjuang dan tidak takut mengambil resiko. Menghidupkan lampu di Wonokromo itu berat karena disana sudah banyak lampu terang, tapi beliau tidak merasa kecil, berjuang mencetak SDM sendiri dan sekarang sudah ada 80 santri yang mukim di pondoknya. Saya pengen Guru Pembimbing disini belajar banyak hal darinya, bukan cuma mengajar ngaji saja tapi juga bisa memahami makna perjuangan, beliau kemana mana tidak ragu mengatakan “saya banser”. Semoga saja dengan pelatihan Metode Yanbu’a ini, Guru dan karyawan di Darul Qur’an sini bisa mengambil pelajaran hidup dari proses panjang yang beliau lalui dalam mensyiarkan Al-Qur’an”, pungkasnya.

Menurut Muhlasin panitia pelatihan, para guru dan karyawan banyak yang tertarik mengikuti pelatihan ini. ‘’Tujuan dari pelatihan ini, yaitu memberikan pelatihan kepada para guru dan karyawan dalam baca tulis dan menghafal al-Quran metode Yanbu’a, serta mempelajari kaidah–kaidah membaca al-Quran dengan benar dan praktis menurut riwayat Imam Hafs,’’ katanya. Kedepan lanjut Muhlasin, Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad akan menghadirkan langsung KH. M. Ulil Albab Arwani pencetus sekaligus penulis metode kitab yanbu’a ” Insya Alloh dalam waktu dekat ini kita akan mengaji kepada sumbernya langsung KH. M. Ulil Albab Arwani, agar ilmu yang kita dapat mempunyai sanad yang kuat sampai simbah KH. Arwani Amin,’’ tandasnya.

Kontributir & Editor : Imron R

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Pin It on Pinterest