PRNU Pucung Temukan Makam Kuno, Diyakini Penyebar Islam di Pesisir Selatan

Girisubo, nugeka.com – Sebuah makam sepuh di puncak Gunung Sungai Purba ditemukan oleh Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Kalurahan Pucung, Kapanewon Girisubo. Makam yang tepatnya berada di puncak gunung  tanjakan jalan suling menuju Sadeng ini menurut kasepuhan setempat bernama Eyang Sabdo Langit, juga ada yang meriwayatkan bernama Eyang Songgo Lilo.

Menurut salah satu Pengurus Ranting NU  Pucung, Mustofa, makam sepuh ditemukan setelah sekian lama mencari informasi kepada warga dan  bermunajat kepada Allah SWT untuk mencari cikal bakal Desa Pucung. Akhirnya, ditemukanlah makam di atas puncak tebing gunung sungai purba. Saat ditemukan, makam sudah bernisan,  tetapi tidak terawat dan  tertutup semak belukar. Makam pun harus dibersihkan dan membersihkan semak.

Diduga Eyang Songgo Lilo atau Mbah Sabdo langit adalah seorang tokoh ahli tirakat.  Sehingga beliau menjadi pepunden agama sekaligus pepunden Jawa yang menyiarkan Islam di pesisir selatan Gunungkidul.

Saat ziarah maqbaroh bersama PRNU Pucung, pada Rabu 26 Juli 2022, Rais Syuriyah MWCNU Girisubo, Kyai Kasimin memberikan arahan supaya ikhtiar mencari data-data pendukung otentik berupa jalur nasab keturunan maupun manuskrip peninggalannya. Ia berharap akan diperoleh bukti-bukti historis yang kuat.

Kontributor: Q-Nada

Editor    : Anton

Pin It on Pinterest