Sarasehan Ramadhan DPD KNIP Gunungkidul, Gus Lutfi Sampaikan 4 Poin Moderasi Beragama

WONOSARI (Nugeka) – Dewan Perwakilan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Gunungkidul adakan sarasehan Ramadhan pada Kamis (7/4/2022) di Pasar Sore Ramadhan area Patung Sapi Sumbermulyo, Kepek, Wonosari. Sarasehan mengusung tema ‘Moderasi beragama’.

Ketua KNPI Gunungkidul Heri Santosa menginisiasi kegiatan ini dengan menyasar beberapa Pasar Sore Ramadhan di 3 titik selama Bulan Puasa dengan melibatkan tokoh masyarakat dan pemuda beserta Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) di Kabupaten Gunungkidul.

Pada putaran pertama (di Pasar Sore Ramadhan arean Patung sapi), kegiatan ini menghadirkan H Gus Lutfi Kharis Mahfudz, SSy. Ketua GP Ansor Kabupaten Gunungkidul ini menyampaikan tausiyah dengan tema moderasi beragama. Ia menyampaikan bahwa agama sebagai solusi semua permasalahan dalam lingkungan masyarakat maupun berbangsa. “Cara beragama kita harus disesuaikan dengan kebutuhan zaman dan tentunya tidak melenceng dari syariat agama maupun perundangan yang berlaku,” terangnya.

“Ketika kita bermasyarakat maka agama apapun posisinya sama. Maka negara perlu hadir mengatur untuk masyarakat. Ada 4 (empat) pokok, yaitu komitmen kebangsaan, toleransi, menolak segala bentuk kekerasan, dan penguatan budaya lokal sebagai perekat bangsa,” tutup Lutfi.

Direncanakan, salah satu rangkaian acara puncak adalah tausiyah kebangsaan. “Acaranya besok di ahir-akhir bulan Ramdhan,” terang Ketua Panitia, Heri. (Ant).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Pin It on Pinterest