Dihadiri Ormas dan Pemeluk Agama Lain, Pelantikan Bersama Ranting Logandeng Jadi Wahana Perkuat ‘Ukhuwah Wathaniyah’

Playen, Nugeka.com – Pelantikan bersama antara Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU), Ansor, Muslimat, dan Fatayat Kalurahan Logandeng pada Sabtu (28/5/2022) disambut riang-ceria oleh seluruh peserta terlantik. Lebih-lebih pelantikan yang berlangsung di Aula Balai Kalurahan Logandeng ini dilakukan langsung oleh Ketua PCNU Gunungkidul Drs. H. Sa’ban Nuroni, MA dengan disaksikan oleh ratusan jamaah NU, pembesar ormas Islam lain, hingga pemeluk agama lain.

Kegiatan yang diawali pentas seni hadroh oleh para santri TPQ Murista Padukuhan Siyono Tengah tersebut dihadiri oleh jajaran syuriah dan tanfidziah PCNU Gunungkidul, PC Muslimat NU Gunungkidul, PC Fatayat NU Gunungkidul, PC Gerakan Pemuda Ansor Gunungkidul, MWC NU Playen, Panewu Playen, Lurah Logandeng Suhardi, S.IP., beserta jajarannya, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Banser, Garda Sigap Logandeng, Ketua PRM Logandeng, Ketua LDII Logandeng, Ketua GKJ Logandeng, tokoh sesepuh NU Logandeng serta ratusan jam’iyah NU setempat.

Jaga persaudaraan sesama anak bangsa (ukhuwah wathaniyah), dan persaudaraan sesama umat manusia (ukhuwah basyariyah).

KH. Muhammad Thohari

Dalam sambutannya, Ketua Tanfidziyah MWCNU Playen, H. Labib Junaidi, S.Pd.I menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung suksesnya acara pelantikan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU), Ansor, Muslimat, Fatayat Kalurahan Logandeng. Kegiatan pelantikan dan pengajian dengan mengambil tema “Menebar Ukhuwah Meneguhkan Khidmah  dalam Logandeng Nyawiji”.

Menurut Labib, tema ini dimaksutkan agar para pengurus terlantik dapat mengemban tugas dengan mengedepankan rasa persaudaraan, berkhidmah di NU dengan ikhlas serta turut andil dalam memajukan pembangunan berbagai bidang di Kalurahan Logandeng.

Sementara itu, Lurah Logandeng, Suhardi, S.IP., dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para pengurus terlantik disertai ucapan terima kasih kepada warga NU Kalurahan Logandeng yang selama ini telah dengan sangat baik ikut menjaga kerukunan sesama warga Logandeng sehingga terciptanya suasana  masyarakat yang penuh dengan kedamaian dalam Logandeng Nyawiji.

Dalam acara sambutan berikutnya, Ketua PCNU Gunungkidul, Drs. H. Sa’ban Nuroni, berpesan kepada seluruh pengurus ranting NU, Ansor, Muslimat, Fatayat Kalurahan Logandeng untuk ikut memberi kontribusi dalam membina dan membangun masyarakat Logandeng sehingga ke depan semakin maju dan berkembang serta dapat  menyebarkan nilai-nilai agama Islam yang rahmatan lil’alamin.

Dalam kegiatan yang berlangsung cukup meriah dan khidmat tersebut juga diisi dengan pengajian dan pembekalan pengurus yang disampaikan oleh KH. Muhammad Thohari. Menurut kyai Thohari, eksistensi NU yang mampu bertahan di segala zaman disebabkan adanya sikap tawasuth (moderat) dan tasamuh (toleran) serta persaudaraan.

“Prinsip persaudaraan harus dipegang teguh oleh pengurus kalau ingin organisasi ini dapat terus berkembang. Jaga silaturahmi dan jangan sampai memutus tali silaturahmi. Miliki sikap grapyak sumanak di tengah masyarakat,” wejang Kiai Thohari. Semua pengurus agar senantiasa memegang tiga prinsip persaudaraan. “Jaga persaudaraan sesama umat Islam (ukhuwah Islamiyah) entah itu dari Muhammadiyah, LDII atau ormas Islam yang lainnya. Jaga persaudaraan sesama anak bangsa (ukhuwah wathaniyah), dan persaudaraan sesama umat manusia (ukhuwah basyariyah),” pungkas Thohari. (Fat).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Pin It on Pinterest