Rais Syurian PCNU Gunungkidul: Pentingnya Menjaga Silaturahim

Karangmojo, (NUGeKa)-Salah satu sebab pentingnya kita menjaga silaturahmi adalah dapat mendatangkan keberkahan. Hal tersebut, disampaikan oleh Rais Syuriah PCNU Kabupaten Gunungkidul, Drs. KH Bardan Ustman, M.Pd.I saat mengisi tausiyah di kediaman Bapak Ibnu Sugeng R, Selang, Bendungan, Karangmojo.

Lebih lanjut Kiai Bardan mencontohkan, ketika suami istri bertengkar hebat kemudian datanglah Bapak Dukuh untuk bersilaturahmi, maka mereka (suami-istri) berhenti bertengkar dg seketika. “Itulah salah satu bentuk keberkahan”, ucapnya.

Selain itu, Kiai Bardan Ustman jg menyampaikan pentingnya mensyukuri nikmat Allah SWT. Dimulai dari hal-hal terkecil yg kita miliki. Beliau menyampaikan:

مَنْ لَمْ يَشْكُرِ الْقَلِيلَ لَمْ يَشْكُرِ الْكَثِيرَ

“Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak.”

Beliau mencontohkan bahwa apabila kita memandang minuman yg datang kepada kita adalah hal biasa, maka biasalah ia. Akan tetapi jika kita memandang minuman yg datang kepada kita memerlukan peran banyak pihak, maka munculah rasa syukur terhadapnya. Rais Syuriah PCNU itu menggambarkan lebih lanjut bahwa, segelas minuman / teh yg ada tersebut memerlukan peran banyak pihak. Dimulai dari pabrik gelas, pabrik tutup gelas, pabrik plastik, pabrik teh, pabrik gula, hingga orang yg mengantarkan segelas minuman / teh tsb ke hadapan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Pin It on Pinterest