Siswa MI YAPPI Banjaran Terlibat Aksi Ramadhan

Paliyan, (NUGeKa) – Banyak cara bisa dilakukan oleh sekolah dalam hal peningkatan karakter peserta didik. Seperti halnya dilakukan oleh MI YAPPI Banjaran, Karangasem, Paliyan, Gunungkidul. Siswa kelas IV dilibatkan secara langsung dalam aksi berbagi 300 takjil yang dipusatkan di proliman Trowono Paliyan dengan didampingi oleh para Guru, Selasa (26/4/2022).
“Dengan kegiatan berbagi takjil kami berharap para siswa Madrasah ke depan manjadi orang-orang yang suka derma terhadap sesama serta memiliki kepedulian sosial yang tinggi di masyarakat,” kata Eko Andang Darmawan selaku Guru Madrasah.
Lebih lanjut, Eko yang didampingi kepala Madrasah H. Nuryanto, S.Pd.I, menerangkan pendidikan karakter ini merujuk pada sebuah hadits, bahwa Rasulullah bersabda, “Allah akan memberikan pahala yang demikian ini kepada orang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa meskipun hanya dengan susu encer, sepotong kurma, atau seteguk air. Dan barang siapa yang mengenyangkan orang yang berpuasa maka Allah akan memberinya minum dari telagaKu di mana setelahnya ia tak akan haus sampai masuk ke dalam surga…” (Al-Husain bin Mas’ud Al-Baghawi, Tafsir Ma’alimut Tanzil [Kairo: Darul Alamiyah, 2016], jil. 1, hal. 196 – 197).
Menurutnya, sepuluh hari terakhir merupakan bagian Ramadhan yang penuh dengan fadhilah pahala. Bulan suci Ramadhan menjadi momentum untuk melatih dan mendidik anak-anak pelajar membangun kepedulian terhadap sesama. “Hal ini juga dilakukan oleh MI YAPPI Banjaran sebagai sarana Madrasah menutup kegiatan dan menyongsong PPDB tahun 2022,” pungkas Eko Andang Darmawan.

Kontributor: Lurah Ndeso
Editor: Fatah Sutarman

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Pin It on Pinterest