Fatayat NU Gunungkidul Kukuhkan LKP3A, FORDAF, IHF dan UKF GeKa

Wonosari, nugeka.com – Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama Kabupaten Gunungkidul mengukuhkan beberapa lembaga di bawah naungannya. Lembaga-lembaga yang dikukuhkan yaitu Lembaga Konsultasi Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (LKP3A), Lembaga Forum Daiyah Fatayat (Fordaf), Lembaga Ikatan Hafidhah Fatayat (IHF) dan Usaha Kreatif Fatayat Gunungkidul (UKF GeKa). Kegiatan yang berlangsung pada Ahad, (18/12/2022) di Aula PLHUT Kemenag Gunungkidul ini dihadiri Rois Syuriah PCNU Gunungkidul KH. Bardan Usman, M.Pd.I, Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Gunungkidul H. Harsono, M.SI, Kasi DP3A Gunungkidul Murniasih, S.IP, Wakil ketua PW Fatayat NU DIY Rini Dwi Hastuti, S.Pd.T, M.Pd dan beberapa ketua badan otonom dan lembaga PCNU Gunungkidul.

Ketua PC Fatayat Gunungkidul Laily Fauziyah, S.Pd.I dalam sambutannya berharap agar lembaga-lembaga yang dikukuhkan untuk segera membuat program kerja dan segera untuk dilaksanakan di lembaga masing-masing. “Setelah pengukuhan ini, silahkan untuk segera membuat program kerja dan segera untuk dilaksanakan, karena masyarakat menunggu kiprah dari sahabat semuanya. Tunjukan kapasitas sahabat semuanya pada khidmah di Pimpinan Cabang fatayat NU Gunungkidul”, sambut Laily.

Selain pengukuhan, juga diadakan deklarasi stop kekerasan pada perempuan dan anak, yang di inisiasi oleh Lembaga Konsultasi Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (LKP3A) PC Fatayat NU Gunungkidul. “Mohon dukungan dari bapak/ibu dan sahabat semuanya, untuk kita bisa membantu pemerintah berkaitan dengan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Kalau bukan kita yang melindungi, mau siapa lagi”, pungkas Laily.

Sementara itu, Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Gunungkidul H. Harsono, M.SI mengapresiasi setinggi-tingginya kepada PC Fatayat NU Gunungkidul yang telah mengukuhkan lembaga-lembaga di bawah naungannya. Harsono siap bekerja sama dengan lembaga-lembaga yang ada, terutama Usaha Kreatif Fatayat (UKF). “Saya memiliki tawaran, kumpulkan pelaku-pelaku usaha. Kita adakan majelis bedah usaha, kita adakan pelatihan. Kalaupun dalam pelatihan tersebut membutuhkan dana, insya Allah saya siap”, ungkapnya. Lebih lanjut ¬†Harsono juga siap membantu Fatayat mendirikan koperasi, “Saya siap dorong Fatayat mendirikan koperasi Yasmin. PCNU senantiasa mendorong, mengapresiasi dan siap bekerjasama demi kemajuan kita bersama”, tandanya.

Diakhir acara juga dilaksanakan Rutinan Ahad Manis PW Fatayat NU D.I. Yogyakarta yang mana kali ini Gunungkidul sebagi tuan rumah. Adapun rangkaian rutinan ahad manis ini dimulai dengan sima’an al-Quran, tahlil dan doa khotmil Quran, pembacaan maulid dziba dan diakhiri dengan kajian kitab oleh ustadzah Farida Ningsis, S.Pd.I. (i2m)