Jaring Jurnalis Handal, LTN NU Gunungkidul Selenggarakan Ngaji Jurnalistik

Wonosari, (NUGeKa) – Lembaga Ta’lif Wa Nasr Nahdlatul Ulama (LTN NU) Kabupaten Gunungkidul mengadakan kegiatan pelatihan jurnalistik dengan tema “Ngaji Jurnalistik Nugeka.com“. Kegiatan yang berlangsung pada Ahad, (27/03/2022) ini bertempat di Aula SMK YAPPI Wonosari dan diikuti seluruh Banom dan Lembaga serta MWC NU Se-Kabupaten Gunungkidul. Hadir dalam kegiatan tersebut Rois Syuriah PCNU Gunungkidul Drs. KH. Bardan Utsman, M.Pd.I, Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Gunungkidul Drs. M. Supasdi, M.SI, Ketua LTN NU Gunungkidul Anton Prasetyo, M. Sos dan Wartawan Senior SKH Kedaulatan Rakyat Endar Widodo, S.Pd yang sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya Ketua LTN NU Gunungkidul Anton Prasetyo, M.Sos mengucapkan terima kasih kepada seluruh banom, lembaga dan MWC NU yang berkenan menghadiri kegiatan ngaji jurnalistik dan berharap nantinya seluruh peserta dapat menjadi kontributor untuk mengisi di website nugeka.com. “Website nugeka.com ini adalah rumah besar kita, oleh karena itu partisipasi bapak/ibu semuanya sangat kami nantikan agar nugeka.com ini dapat berkembang menjadi media rujukan umat”, tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua PCNU Gunungkidul Drs. M. Supasdi, M.SI dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan tersebut, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada LTN NU yang telah menginisiasi pelatihan jurnalistik ini. “Saya sangat mengapresiasi sekali kegiatan jurnalistik ini, selama saya di PCNU Gunungkidul, salah satu lembaga yang aktif mengadakan kegiatan diantaranya adalah LTN NU”, ungkapnya. Lebih lanjut Supasdi berharap dengan adanya kegiatan ini, NU akan semakin besar dan dikenal di seluruh dunia. “Saya berharap kegiatan ini dapat menghasilkan para jurnalis handal yg dapat menampakkan kebesaran NU, walaupun sejatinya NU sudah besar”, pungkasnya.

Terakhir kegiatan ditutup dengan doa oleh Rois Syuriah PCNU Gunungkidul Drs. KH. Bardan Utsman, M.Pd.I. Sebelum ditutup dengan doa, Kyai Bardan memberikan motivasi kepada para peserta bahwa menulis itu harus dilandasi rasa bahagia agar karya yang dihasilkan menjadi indah, ibarat ada gas dan rem, dua-duanya harus berjalan seimbang.

Selanjutnya kegiatan ngaji jurnalistik sesi pertama diisi oleh Endar Widodo, S.Pd. wartawan senior SKH Kedaulatan Rakyat. Endar menegaskan bahwa lembaga NU harus bisa bersaing di bidang media agar tidak tertindas oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab “NU harus bisa bersaing dan harus bisa diajak berlari untuk mensyiarkan Ahlussunah Wal Jamaah”, tegasnya. Selain itu, Endar juga menyampaikan bagaimana menjadi jurnalis yang handal dan rambu-rambu dalam menulis sebuah berita agar dapat dinikmati oleh khalayak umum “Menulis itu mudah, ya emang ada sulitnya tapi cuma di awal. Kalau kita udah menemukan tema dan tau arah tulisan kita, pasti menulis itu hal yang tidak perlu dibikin pusing. Kita pusing oleh diri kita sendiri yang terlalu teoritis dan merujuk pada kaidah-kaidah penulisan karya ilmiah, yang sebetulnya sangat berbeda dengan berita yang hanya membutuhkan 5W1H”, pungkasnya.

Pada sesi kedua, kegiatan ngaji jurnalistik ini diisi oleh Imron Rosidi , S.Pd.I selaku redaktur nugeka.com. Imron menyampaikan menu-menu yang ada di website nugeka.com serta bagaimana cara mengisi sebuah berita di website.  Dan sebagai tindak lanjut kegiatan jurnalistik ini, semua peserta praktik membuat sebuah berita.

Kontributor & Editor : Imron R

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Pin It on Pinterest