Safari Ramadhan, PCNU Ajak Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah

Playen, (NUGeKa) – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Gunungkidul menebar Da’i Safari Ramadhan 10 titik di wilayah Kapanewon Playen. Ustadz Nurkhalidin, S.Pd. merupakan salah satu Da’I PCNU yang diterjunkan ke Kalurahan Logandeng tepatnya di Masjid Al-Khusaini Siyono Wetan, Logandeng. Dalam ceramahnya, Nurkhalidin menyampaikan pentingnya menjaga ukhuwah Islamiyah di antara sesama umat Islam.

Terkadang ada perbedaan dalam hal amaliyah hal itu wajar dan biasanya hanya khilafiah sunah bukan hal yang wajib seperti bilangan rokaat dalam sholat lima waktu, semua sepakat sama. Setiap amalan yang memiliki landasan dalil yang kuat baik Qur’an maupun Sunah semua benar, harus bertoleransi dan tidak boleh merasa benar sendiri terlebih memvonis saudaranya dengan kata-kata syirik, bid’ah apalagi kafir. Sudah tentu, hal demikian tidak dibenarkan karena tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah Saw.

Lebih lanjut, Nurkhalidin juga mencontohkan adanya perbedaan cara berdzikir antara Abu Bakar yang melakukan dzikir dengan suara lirih dengan sahabat Umar berdzikir dengan suara yang keras.

Mendapat laporan dari salah seorang sahabat kemudian Rasululloh memanggil keduanya dan ditanya oleh Rasulullah, “Ya Abu Bakar, kenapa kamu melirihkan suara dzikirmu? “Saya malu sama Allah, Dia Dzat Yang Maha Mendengar, jadi saya mengeraskan suara tuh malu sama Allah,” kata Nurkhalidin.

Kemudian saat Rasulullah Saw bertanya kepada Umar bin Khatab, jawabannya cukup sederhana,” ben mboten ngantuk (jawa: biar tidak ngantuk),” jawab Umar.

“Dan, ternyata amaliyah dzikir kedua sahabat itu semua dibenarkan oleh Rasulullah. Dari cerita ini kita belajar bertoleransi jika ada perbedaan. Selama ada dalil yang menguatkan semuanya benar dan tidak saling menyalahkan terlebih menghukumi bid’ah dan kafir kepada sesama muslim,” kata Nurkhalidin.

Kegiatan dihadiri dari jajaran Syuriah, Tanfidziah pengurus PRNU Logandeng, GP Ansor Logandeng, Takmir Masjid Al-Khusaini dan jajaran pengurusnya serta ratusan jama’ah. Kegiatan Safari Ramadhan PCNU di Masjid Al-Khusaini menjadi terasa istimewa karena secara kebetulan bersamaan waktunya dengan rombongan tim Safari Tarawih Kalurahan Logandeng yang dipimpin langsung oleh Lurah Logandeng Suhardi SIP., Senin (11/04/2022).
Dalam sambutannya, Lurah Logandeng Suhardi menyampaikan terima kasih kepada warga masyarakat Kalurahan Logandeng karena senantiasa bisa menjaga iklim yang sejuk, damai, guyub rukun sesama warga masyarakat.

“Alhamdulillah, kita semua bisa saling menjaga persatuan dan kesatuan. Sehingga warga masyarakat Kalurahan Logandeng bisa manunggal nyawiji,” kata Suhardi.

Sementara itu, ketua PRNU Logandeng M. Saefulah, S.Ag. MSI, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada tim Safari Ramadhan PCNU Gunungkidul dan juga tim Safari Tarawih Kalurahan Logandeng yang berkenan menyempatkan waktunya untuk hadir di Masjid Al-Khusaini.

”Kehadiran bapak-bapak ke tempat ini menjadi berkah bagi kami. Tentu, terdapat banyak kekurangan di sana-sini dalam menyambut kehadiran bapak-bapak untuk itu kami mohon maaf. Semoga kebaikan bapak-bapak mendapat balasan yang berlimpah dari Allah Swt di Bulan Ramadhan bulan yang mulia ini, “pungkas Saefulah. (Fat)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Pin It on Pinterest